CARA MAKETING TEPAT DENGAN BUDGET MEPET

Cara Marketing tepat dengan budget mepet merupakan langkah strategis bagi perusahaan startup. sebagai mana lazimnya Setiap perusahaan ingin sekali memajukan usahanya, sehingga perusahaan tersebut memerlukan promosi atau aktifitas marketing yang tepat. Diantara perusahaan tersebut memiliki kemampuan budget promosi yang berbeda – beda. Banyak perusahaan yang dulunya kecil sehingga sekarang berubah menjadi besar karena dengan penanganan aktifitas marketing dan promosi yang tepat. Tak terkecuali perusahaan tersebut mempunyai dana promosi yang sangat minim. Yang jadi persoalan Bagaimanakah kita menyaingi perusahaan berbudget gila-gilaan. Berikut bagaimana cara berpromosi dengan budget minimum yang kecil:

TIPS CARA MAKETING TEPAT DENGAN BUDGET MEPET
1. Gunakan komunitas
Komunitas merupakan market yang sangat potensial di mana anda bisa mendapatkan customer yang loyal melalui komunitas yang tepat. Dengan komunitas yang tepat anda tidak perlu berpikir keras bagaimana mengiklankan bisnis anda. Untuk mendapatkan informasi keadaan dan komunitas tersebut anda bisa searching melalui lembaga atau anda bisa membuat komunitas tersebut. Mulai sekarang anda perlu menjadi bagian komunitas – komunitas tersebut sebagai strategi Cara Marketing tepat dengan budget mepet demi kepentingan bisnis anda.

Jika dirasakan tidak pernah ada komunitas yang seperti dimaksud, maka tugas anda perlu menciptakannya. Percayalah bahwa komunitas akan selalu ada akan tetapi dia seolah kabut yang dapat anda rasakan dinginnya, dapat anda lihat kumpulannya akan tetapi anda belum pernah bisa menunjukkan dengan cara menangkapnya atau memegangnya. Untuk itu anda perlu wadah untuk menangkapnya, misalkan pada saat ini perusahaan anda bergerak di bidang produsen karet dan misalkan juga pada saat ini tidak ada lembaga resmi komunitas yang dimaksud. Caranya anda bisa menciptakan komunitas yang berisi komponen para produsen ban, para produsen karet gelang dan berbagai macam olahannya. Buatlah database agar kita bisa mengirimkan promosi pada mereka baik melalui brosur maupun email sebagai Cara Marketing tepat dengan budget mepet.

2. Kolaborasi

Kolaborasi merupakan upaya promosi yang saling melengkapi dari suatu perusahaan dengan kebutuhan promosi perusahaan lainnya. Memang ada ya perusahaan yang butuh akan promosi dari perusahaan lainnya? Bukankah itu sangat berpeluang jadi kompetitor atau saingan bisnis kita? mungkin itu adalah sebagian pertanyaan anda. Cara Marketing tepat dengan budget mepet yang dapat anda lakukan adalah Anda bisa melakukan kolaborasi dengan bisnis lain. Ini bukan berarti kolaborasi yang mengharuskan Anda merger. Anda bisa menggunakan cara lain seperti bertukar pamphlet atau menggunakan voucher promosi. Cara ini juga berguna untuk bertukar pengalaman antar pebisnis.

3. Minta pelanggan ajak temannya
Walaupun terlihat sepele, ini adalah hal yang lumayan penting dalam berbisnis. Misalnya, Anda bisa melihat mana pelanggan yang senang dengan produk Anda. Dan jangan ragu untuk memberitahu mereka agar mengajak beberapa teman agar juga menggunakan produk Anda. Bahkan kita buat iming2 kalau jika pelanggan bawa teman, pelanggan berhak mendapat diskon khusus. Cara ini sangat ampuh, jika Anda bingung sebenarnya ini adalah cara apa, ini adalah cara promosi dari mulut ke mulut (Cara Marketing tepat dengan budget mepet).

4. Berikan diskon
Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan diskon kepada pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon ketika sudah membeli produk Anda 3 sampai 4 kali. Cara ini dapat sangat ampuh untuk menarik pelanggan. Gunakan juga kupon yang dapat dikumpulkan beberapa kali untuk mendapatkan potongan harga. Selain diskon, Anda juga bisa memberikan sample atau gratis. Penahkah anda mendapatkan kupon cuci mobil gratis setelah 5x cuci? ini adalah Cara Marketing tepat dengan budget mepet.

5. Anda yang menjadi marketers
Ini adalah cara yang terakhir, Anda yang menjadi marketing untuk bisnis Anda sendiri. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, Anda harus habis-habisan mempromosikan bisnis Anda sendiri. Ini adalah cara marketing paling murah dan bahkan gratis. Walaupun Anda tidak terlalu bisa untuk berpromosi, Anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya bertukar kartu nama atau promosi lewat sosial media pribadi Anda. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa berpromosi kepada keluarga, saudara dan teman dekat-dekat Anda. Mudahkan? bagaimana Cara Marketing tepat dengan budget mepet.

6. Anda perlu kreatif dalam berpromosi
Saya akan bercerita bagaimana bagaimana pak Laksita Utama Suhud berhasil mengubah taman safari Indonesia II prigen, pada saat itu TSI II mempunyai kompetitor di kota Malang yang mana mempunyai wisata andalan yang di tiap minggunya akan macet berjam-jam karena daya tarik wisata di kota tersebut. Pada saat itu pak Laksita memutar otak bagaimana menjadikan potensi tersebut menjadi pundi-pundi emas, dengan hanya penempatan brosur dan banner yang tepat dengan cara kreatif akhirnya para turis membelokan mobilnya ke arah Taman Safari II Prigen yang sebelumnya tidak pernah dilirik sama sekali. Bukankah efektif bagaimana Cara Marketing tepat dengan budget mepet pada saat tepat.

STUDI KASUS CARA MAKETING TEPAT DENGAN BUDGET MEPET
Bagaimana cerita selenjutnya? Anda bisa simak bagaimana Bpk Laksita Utama Suhud melalui studi kasus dan kupas tuntas 30 startegi perang marketing dalam mendongkrak omzet penjualan berbagai sektor ukm dengan bantuan iklan. yang dikemas dalam sebuah buku bagus sebanyak 880 halaman lebih. Buku ini, merupakan buku wajib bagi anda yang serius dalam mencapai target dan membukukan angka penjualan milyaran perbulan bagi bisnis anda sebagai Cara Marketing tepat dengan budget mepet.

Ingin Tahu Caranya, KLIK DI SINI

About Ikhwan Nurdin

Seorang penyuka dunia advertising, design dan hobbi animasi.. sekarang berkecimpung di dunia cetak mencetak. portfolio beliau adalah company profile perusahaan-perusahaan besar seperti Taiyo, Happy Dream Indonesia, MATRIX dan lain-lain

1055 View